Sabtu, 08 Agustus 2015

Pompa tidak keluar airnya

Sering kali saat kita selesai memasang pompa di rumah kita, begitu pompa kita nyalakan namun air tidak juga kunjung keluar karena pompa tidak kuat menghisap air dari dalam sumur bor padahal kita sudah benar memasang pompa dan pipa didalamnya. Saya sendiri pernah mengalami hal yang demikian. 
Kejadiannya adalah pada waktu itu saya hendak mengganti pompa jetpump yang kurang lebih sudah 3 tahun dipakai, pagi-pagi ketika saya hendak menyalakan pompa, ternyata airnya tidak keluar lalu saya matikan pompa dan membuka lubang pengisian air di pompa untuk melihat apakah airnya berkurang sehingga pompa tidak bisa menghisap. Setelah saya buka ternyata memang airnya berkurang, lalu saya menambahkan air untuk memancing pompa. Setelah saya nyalakan kembali pompa dan airpun keluar lagi dari keran di kamar mandi.
Keesokan harinya timbul permasalahan lagi, pada saat menyalakan pompa, pompa tidak ada pergerakan hanya berbunyi grunkk.seperti tidak bergerak, dan setelah saya cek ternyata kipas pompa tidak bergerak alias mati. Lalu  saya matikan pompa dan mencoba membongkar dibagian kipas untuk sementara lalu saya nyalakan lagi pompa masih bunyi grunkk kemudian sambil saya gerakan kipas dengan bantuan obeng dan akhirnya berputarlah lagi kipas dan pompa mulai menghisap air dan airpun keluar.

Minggu berikutnya kejadian yang sama, air tidak keluar lagi dan terpaksa saya harus memancing lagi. Sudah seember lebih masih juga belum penuh, saya tambahkan beberapa ember lagi masih juga belum penuh. Ya sudah saya angkat saja pompanya dan pas dibongkar ternyata impelernya sudah pecah sehingga menyebabkan pompa tidak mau menghisap air.

Itu lah sebagian kisah saya, mungkin pembaca juga punya kisah yang sama bisa berbagi disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar