Selasa, 28 Juli 2015

Membuat saringan air di rumah

Kebutuhan akan air bersih di dalam sebuah rumah tangga selalu menjadi hal yang penting, karena fungsi air untuk melakukan kegiatan sehari - hari di rumah yaitu mandi, mencuci, dan lain-lain. Namun kenyataannya sering kali kondisi air dipengaruhi oleh tempat tinggal kita, ada yang kondisi sumur airnya bersih ada juga yang kotor bahkan berbau, sehingga sangat tidak enak untuk memakai air yang kotor itu. Dalam artikel kali ini saya akan mencoba berbagi kepada rekan semua untuk membuat alat sederhana sebagai filter air, jima memang kondisi sumber air tanah di rumah kita kotar dan berbau. Berikut langkah- langkah membuat alat filter air :

Alat dan bahan :
1. Siapkan tabung pipa paralon berdiameter 3" atau 4" terserah mau ukuran berapa saja panjang 1m atau lebih.
2. klem pvc 1/2" sebanyak 2 pcs
3. sock drat 1/2" sebanyak 2 pcs
4. Lem pipa pvc
5. Seal tip
6. Bor tangan/ Pisau untuk melubangi
7. Dop Cap 3" atau 4"
8. Dop Drat 3" atau 4"

Materal Saringan :
1. Batu kerikil Besar
2. Pasir silika
3. Arang kayu
4. Ijuk
5. Saringan aquarium

Proses pembuatan saringan air :
1. Buat lubang pipa pvc diameter 1/2 lebih supaya klem bisa masuk pada ujung pipa 3" dengan jarak kurang lebih 5 cm dari masing-masing ujung pipa. Gunakan bor tangan untuk membuat lubang, atau kalau tidak ada memakai pisau untuk melubangi.Pastikan bahwa klem dapat masuk ke lubang tersebut dengan pas dan tidak longgar ( lihat gb.a )
gb. a
 
2. Masukan klem pada kedua lubang tersebut yang berfungsi sebagai lubang in dan lubang out, gunakan sealtip sebelum dipasang agar lebih kuat dan tidak bocor.

3. Setelah klem in dan out terpasang, kemudian pasang sock drat 1/2 inch pada masing-masing ujung pipa untuk tempat pemasang pipa nantinya.

4. Membuat pembatas untuk material saringan yang dimasukan kedalam pipa supaya tidak berantakan pada saat semua bahan-bahan saringan akan dimasukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar