Minggu, 26 Juli 2015

Tips merawat poma air

gb. pompa air shimizu

Begitu pentingnya arti sebuah air sehingga untuk rumah tangga yang masih menggunakan poma air didalam rumahnya, perlu mengetahui beberapa tips tentang pencegahan serta perawatan agar pompa air kita  dapat bertahan lama. Untuk itu saya berbagi tips yang mudah - mudahan bisa membantu sedikit pengetahuan untuk perawatan pompa air di rumah kita.
1. Tempat pompa air ditempat yang aman dari panas dan hujan karena bisa merusak komponen dari mesin pompa tersebut. Usahakan penempatan pompa juga tidak terendam air ketika terjadi hujan yang akan mengakibatkan pompa mati total.
2. Lebih baik stop kontak untuk pompa air terpisah dari peralatan elektronik lainnya sehingga perlu dipasang khusus untuk pompa air, karena arus listrik yang tidak stabil naik turun dapat mengganggu komponen yang lain bila di berada didekatnya.
3. Tidak dibolehkan menyalakan pompa air tanpa ada airnya dalam waktu yang lama, karena akan berakibat pompa menjadi cepat panas dan terbakar. Sebaiknya jika hanya ingin mengetes saja boleh menyala kurang dari 4 menit.
4. Pergunakan pipa pvc yang berkualitas, agar lebih awet dan tahan lama dari kebocoran.
5. Tidak boleh meletakan barang apapun diatas pompa air, karena kemungkinan akan terbakar atau panas yang diakibatkan oleh pompa selama beroprasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar